Mengenal Tulisan Essay



Menulis bukan sebuah kewajiban tetapi adalah rutinitas untukku. Menulis dapat dilakukan dimana dan kapan saja. Meski tidak sedang menjalani aktivitas belajar diruang kelas sekalipun. Dengan menulis aku menemukan beberapa hal yang tidak ku temui sebelumnya. Seperti menulis essay misalnya. Awalnya persepsiku mengatakan essay itu sebuah pertanyaan yang harus kujawab dengan nomor-nomor berurutan, tetapi ternyata persepsiku itu salah.
Tahukah anda apa itu essay?  Essay adalah karangan bebas yang memiliki tujuan subjektif berdasarkan keinginan penulis. Secara sederhana essay adalah tulisan yang memberikan pendapat dan solusi terhadap suatu hal yang sedang terjadi.
Apa mamfaat dari penulisan essay?
Ada beberapa mamfaat dalam penulisan essay, manfaat tersebut antara lain:
1.    Berbagi dan membuka pengalaman, ide dan opini kepada orang lain.
2.    Mengembangkan gagasan-gagasan baru dari sudut pandang yang berbeda.
3.    Sebagai jembatan antara pendapat satu dengan pendapat lain.
4.    Sebagai bahan pertimbangan oleh semua pihak dalam mengeluarkan berbagai pendapat.
5.    Sebagai penyeimbang perbedaan pendapat agar tidak saling berbenturan.
6.    Sebagai solusi baru yang mungkin dapat direalisasikan pada bidangnya.
7.    Sebagai alat ukur bagi diri sendiri tentang sejauh mana kemampuan menulisnya.
Dan apa saja langkah-langkah dari penulisan essay?
1.    Pilih tema yang memang kamu kuasai. Jangan mengambil topik yang kamu buta di dalamnya.
2.    Jika bingung menentukan tema, tulis saja judulnya terlebih dahulu. Ingat ya, judul dan tema itu berbeda. Menulis judul biasanya akan lebih memudahkan kita menentukan tema apa yang akan diangkat.
3.    Mulailah menulis segala permasalahmu dan ungkapkanlah semua pandanganmu di bagian pembahasan.
4.    Gunakan bahasa yang semua orang mengerti. Hindari kata-kata alay karena akan membingungkan pembaca.
5.    Cobalah untuk melakukan analisa secara subjektif terhadap fakta yang ada, tapi perlu diingat untuk tidak menggunakan kata-kata kebencian. Lebih baik mengkritik yang sifatnya membangun.
6.    Tulisan panjang bukan berarti isinya baik. Tulisan yang terarah lebih penting daripada panjangnya tulisan. Fokus saja pada masalah yang ada. Hanya karena ingin tulisannya panjang, kamu malah keluar dari topik pembahasan.
7.    Masih nyambung ke nomor 6. Periksa lagi tulisan yang sudah dibuat. Buang yang sekiranya tidak perlu dan periksa lagi susunan kata-katanya agar semakin enak dibaca.
Dari langkah tersebut secara umum untuk menulis essay mempunyai tiga susunan yang biasa disebut dengan badan atau tubuh esai. Yang pertama adalah latar belakang yang sebagai awal pembahasan. Kedua berisi fakta atau berita yang tersaji. Dan yang ketiga berisi kesimpulan. Untuk yang sudah terbiasa dan expert, bisa juga menambahkan solusi pada bagian akhir. Sehingga tidak hanya berkomentar, tetapi juga memberikan solusi nyata yang bisa diaplikasikan secara langsung.

Sekian sedikit pengenalan essay dariku. Semoga bermanfaat semangat menulis.


Penulis : Wida Iswara

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hari Sumpah Pemuda

Artikel ( 1 MUHARAM / TAHUN BARU ISLAM 1440 HIJRIAH )

Puisi : Bullying Impact