Hari Bumi



Tanggal 22 April setiap tahunnya diperingati sebagai hari Bumi secara internasional. Hari Bumi merupakan hari pengamatan tentang Bumi dimana hari yang dirancang untuk meningkatkan apresiasi dan kesadaran manusia terhadap planet yang di tinggali yaitu Bumi.

Hari Bumi pertama kalinya dikemukakan oleh seorang senator Amerika Serikat yang bernama Gaylord Nelson pada tahun 1970 Seorang pengajar lingkungan hidup. Tanggal tersebut bertepatan pada musim semi di Northern Hemisphere (belahan Bumi utara) dan musim gugur di belahan Bumi selatan. PBB sendiri merayakan hari Bumi pada 20 Maret sebuah tradisi yang dicanangkan aktivis perdamaian John McConnell pada tahun 1969, adalah hari di mana matahari tepat di atas khatulistiwa yang sering disebut Ekuinoks Maret.

Dan ternyata hari bumi tersebut mampu meningkatkan kesadaran lingkungan di Amerika Serikat, pada tahun 1970 Badan Perlindungan Lingkungan AS atau Environmental Protection Agency didirikan. Pada 22 April 1990, peringatan ke-20 tahun Hari Bumi, lebih dari 200 orang di 141 negara di dunia berpartisipasi dalam Earth Day. Gerakan global ini telah mengilhami perubahan nyata. Pada Hari Bumi 2011, 28 juta pohon ditanam di Afghanistan untuk kampanye 'Tanam Pohon Bukan Bom'. Pada 2012, lebih dari 100 ribu orang di China mengendarai sepeda motor mereka untuk mengurangi emisi CO2 dan menyoroti jumlah polusi yang diciptakan oleh mobil.

kini hari bumi diperingati di lebih dari 175 negara dan di koordinasi secara global oleh Jaringan Hari Bumi ( Earth Day Network ).

Nahhh itulah tadi sedikit sejarah dan pengetahuan tentang hari Bumi, berhubung dengan hari Bumi nih guys mari kita cintai Bumi kita saling menjaga antar sesama makhluk baik manusia, hewan, tumbuhan dan alam dan yang terpenting jangan buang sampah sembarang sepertinya sederhana namun akan berdampak luar biasa.

Happy Earth Day .

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hari Sumpah Pemuda

Puisi : Bullying Impact

Artikel ( 1 MUHARAM / TAHUN BARU ISLAM 1440 HIJRIAH )