Sudah 74 Tahun Merdeka, Apa Balasan Negara Untuk Veteran Indonesia?


Veteran pembela Indonesia! Seorang yang berperan aktif dalam memperjuangkan kemerdekaan Negara Republik Indonesia. Kala itu mereka berjuang mempertaruhkan nyawa demi kesejahteraan tanah air tercinta. Tak sedikit keringat yang dikeluarkan, tak sedikit pula darah yang ditumbangkan. Tanpa mereka akan jadi apakah Indonesia yang sekarang. Perjuangan yang sangat melelahkan akankah mendapatkan timbal balik yang setimpal?  Bagaimana kontribusi negara dalam membalas jasa para veteran?

Pada tanggal 10 Agustus di tetapkan sebagai hari Veteran. Pada hari itu terbentuknya tradisi diselenggarakannya peringatan untuk mengenang jasa para pahlawan pejuang Indonesia yang telah gugur. Salah satunya dengan berziarah ke Taman Makam Pahlawan sebagai tanda penghormatan.

Setelah di terbitkannya peraturan pelaksanaan Undang- Undang  Nomor 15 Tahun 2012 Tentang Veteran Republik Indonesia yang sebagian isinya mengatur hak-hak veteran. Kini veteran bisa memperoleh hak-haknya yang di jamin oleh negara.  Adapun kenaikan tunjangan yang di sampaikan oleh presiden dalam kongres XI Legiun Veteran Republik Indonesia sebesar 25 persen. saat ini pemerintah juga terus melakukan perbaikan rumah tinggal para veteran.

Pengorbanan dan jasa para pejuang bangsa tak pantas untuk dilupakan begitu saja. Bahkan, sebesar apa pun penghargaan yang diberikan pemerintah, tidak akan pernah sebanding dengan kontribusi yang telah mereka berikan bagi bangsa ini. dalam menjaga kemerdekaan itu, menyadarkan bahwa para generasi penerus tidak bisa berjalan sendiri. Kita semua masih membutuhkan peranan penting para veteran dalam membangun bangsa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hari Sumpah Pemuda

Puisi : Bullying Impact

Artikel ( 1 MUHARAM / TAHUN BARU ISLAM 1440 HIJRIAH )