Artikel (Idul Adha 1439 H)




Idul Adha

Idul Adha adalah salah satu dari 2 hari raya besar bagi umat muslim. Idul adha memiliki ciri khas dan keistimewaan tersendiri di bandingkan dengan Idul Fitri. Kalau pada hari raya Idul Fitri kita mendapatkan Moment berpuasa maka pada Hari Raya Idul Adha kita mendapatkan moment berkurban. Kalau Hari Raya Idul Fitri mengajarkan manusia untuk menahan hawa nafsu, akan tetapi pada Hari Raya Idul Adha memberikan makna sabar ikhlas dan berbagi. Hari Raya Idul Adha sendiri juga sering disebut Hari Kurban karena identik dengan penyembelihan hewan kurban dirayakan umat Islam setiap tanggal 10 bulan Dzulhijjah. Dalam kalender masehi, perayaan Idul Adha tahun ini diperingati pada hari Rabu tanggal 22 Agustus 2018

Ibadah kurban bukanlah kesunahan yang hanya mengajarkan untuk berbagidan saling menghargai satu sama lainnya akana tetapi makna dalam berkurban adalah berupa kepasrahan, kesadaran, dan kebersamaan. Pernyataan ini sejalan dengan kisah Nabi Ibrahim as dan anaknya Nabi Ismail as.

Dalam sejarah disebutkan bahwa suatu ketika nabi Ibrahim mendapatkan sebuah mimpi tentang perintah untuk menyembelih anaknya Ismail. Pada awalnya nabi Ibrahim menghiraukan mimpi itu. Tapi mimpi itu terus datang hingga beberapa kali maka tahulah nabi Ibrahim bahwa mimpi itu merupakan perintah dari Allah SWT.

Nabi Ibrahim pun mengatakan hal ini kepada anaknya. Tentunya nabi Ibrahim sangat sedih dengan hal tersebut namun ini semua adalah perintah dari Allah SWT. Setelah mengatakan itu kepada anaknya Ismail. Nabi Ismail justru senang dan menyuruh ayahnya untuk segera melakukannya karena perintah itu datang dari Allah SWT. Akhirnya di persiapkan lah penyembelihan nabi Ismail.

Namun ketika Pisau tajam menempel pada leher nabi Ismail dan nabi Ibrahim bersiap menyembelihnya. Dengan Kuasa Allah SWT, Allah menganti nabi Ismail dengan sebuah Qibas yang sangat gemuk dan sehat. Maka dari itulah sejarahnya Berkurban Pada Hari Raya Idul Adha. Maka berkurban mengingatkan kita kembali dengan peristiwa tersebut di mana Nabi Ibrahim dengan Iman nya bersedia untuk menyembelih anaknya sendiri. Kisah ini mengajarkan pada setiap umat islam untuk selalu ikhlas dan sabar terhadap perintah Allah, seberat apapun perintah tersebut harus tetap dilakukan seperti Nabi Ibrahim as yang diperintahkan untuk menyembelih anaknya.

Dalam berkurban hewan yang dapat di kurbankan yaitu Unta,Sapi,Kambing dan Domba. Namun di Indonesia sendiri tidak ada Unta. Sehingga dalam pelaksanaanya di Indonesia biasanya mengunakan Daging Sapi atau Kambing.

Selain hari Raya Kurban, Hari Raya Idul Adha juga di kenal dengan sebutan Hari Raya Haji Karena para Jemaah Haji di seluruh dunia sedang melaksanakan Ibadah Haji mereka di Mekkah.

Selamat Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1439 Hijriyah. Selamat menikmati daging kurban 😋😂


Bidang kesekretariatan
Himade 2018
#HimadeSMART

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hari Sumpah Pemuda

Puisi : Bullying Impact

Artikel ( 1 MUHARAM / TAHUN BARU ISLAM 1440 HIJRIAH )